Proses Seni Gede Merta

Bonsai merupakan salah satu seni yang memiliki nilai sangat tinggi dalam pengamatan saya karena terdapat seni yang bermacam-macam, diantara seni mosaic terdapat pada kulit, permainan garis pada alur, abstraksi dalam kemunculan garis itu merupakan bagian dari lukisan alam yang tersirat di dalam bonsai, dan tata ruang bangun. Saya mengamati bonsai dalam kurun waktu yang sangat panjang, bonsai merupakan patung hidup yang menari bagaikan bidadari-bidadari yang sangat cantik dari kahyangan.

Seniman dalam menghasilkan karya-karyanya mereka mengejar mimpi-mimpinya (imajener) dengan mempermainkan garis-garis yang telah saya katakan diatas. Bagaimana orang bisa mencapai hal tersebut? bagi yang melakukan program dia akan melakukan teknik-teknik yang sangat dahsyat untuk memperoleh apa yang di impikannya. Sehingga hasil karyanya dapat menghasilkan imajener yang sangat tinggi. Untuk yang kontemporer mereka akan melakukan penempelan kayu-kayu kering untuk menutupi kekurangan dari bahan yamadori. Sehingga hasil karyanya dapat menginspirasikan banyak orang yang telah mengamati karyanya. Disini saya melakukan segala sesuatunya berdasarkan kaidah seni rupa karena saya berasal dari orang seni rupa maka dari itu, dalam berkarya saya tetap memperhatikan kaidah seni rupa diantaranya citta, rasa, dan karsa. saya juga memadukan apa yang saya pelajari tentang seni meliputi: seni lukis, seni patung, adenium, dan bonsai itu sendiri. Konsep dasar adalah alam dan saya memberikan bumbu-bumbu yang dapat memberikan kesan dalam karya saya yang meliputi berbagai seni dari seni lukis, seni patung, seni adenium, dan tradisi yang terdapat di bali sudah sangat tersohor menjadi sebuah kesatuan yang saya lakukan dalam keseharian saya dalam berproses. Sehingga saya dapat menghasilkan karya-karya besar yang penuh dengan tari-tarian di pohon itu sendiri sehingga para penikmati seni bonsai tidak bosan-bosannya memandang.

Bahan pemphis acidula, kenapa saya memilih bahan ini? Mungkin anda mengetahui bagaimana karakter dari pemphis acidula. Pemphis acidula merupakan karakter pohon yang memiliki kulit yang sangat indah, daun sangat kecil, memiliki kayu yang sangat keras sehingga pemphis acidula mampu bertahan dalam waktu yang panjang. Untuk di daerah bali khususnya kota denpasar pemphis acidula dapat tumbuh dengan subur. Dari tahun 1989 saya mencoba untuk memainkan pemphis acidula ini. Bagaimana teknik-teknik untuk mencapai kesempurnaan apa yang saya mimpikan. Dari situlah berjalan proses-proses dan hanya saya sendiri yang dapat merasakan perubahan apa yang harus dilakukan oleh seorang seniman. Saya bertahap mengalami perubahan dalam mengembangkan teknik untuk dapat mengembangkan diri agar lebih baik lagi demi mencapai cita-cita saya agar mampu berkarya yang luar biasa. Saya sudah membuktikan diri berulang kali telah mendapatkan juara kontes bonsai berskup dunia. Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat dunia telah mengakui hasil karya saya yang sangat fenomental. Prestasi yang telah di raih tidak menjadi kesombongan dalam diri saya, sehingga saya harus terus mengembangkan diri untuk mengetahui seberapa titik puncak dalam diri saya. Saya tidak memperdulikan apapun yang telah dikatakan orang-orang tentang diri saya. Saya terima kasih namun saya mohon doa restu kepada masyarakat dunia untuk saya dapat menelorkan karya-karya terbaru saya yang lebih dashyat. Saya akan memberikan beberapa foto bonsai saya sebagai contoh apa yang telah saya lakukan. Semoga mata dunia dapat terhibur karena saya berharap hal itu.

Ini salah satu foto bonsai saya yang mengkarakterkan tradisi bali. Bagaimana tarian bali mengalun dalam pohon dan saya tidak pernah bosan untuk memandangnya, Sangat indah bukan. Saya pikir anda juga menyukainya”. Tampilannya sangat sederhana namun untuk mendapatkan bahan yang memiliki anatomi pohon dan anatomi manusia yang tampak serasi tidak semudah kita lihat. Ini salah satu pohon kesayangan saya semoga anda juga menyukainya. Nama srikandi dalam cerita mahabarata sudah menyebar di seluruh pelosok dunia dan saya ingin mewujudkan bagaimana tokoh srikandi menari dan menyatu di dalam pohon. Inilah hasilnya dari apa yang saya suguhkan didalam pohon ini sangatlah besar menebar aura kedamaian dan saya tidak bosan memandanginya. Begitu saya memandang pohon ini dalam pikiran saya tersirat cerita mahabarata yang menceritakan bagaimana arti dari sebuah kebenaran yang penuh dengan kebijaksanaan. Kenapa saya menggunakan pot yang memiliki sudut karena saya ingin memberikan kesan dalam pot ini sebagai panggung pementasannya. Sehingga saya memandang pohon ini selalu dalam pentas diatas panggung yang lemah gemulai bagaikan bidadari. Saya sangat puas dan sesaat bangga karena saya telah dapat mewujudkan karya besar untuk masyarakat dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>